Wednesday, April 27, 2016

PRAMUKA SEBAGAI MEDIA AMAR MAKRUF NAHI MUNKAR SEBAGAI GENERASI IDAMAN BANGSA FGBCV KE VI

السلام عليكم ورحمة الله وبراكا ته

Bersyukurlah kita semuanya, sehingga kita dapat berkumpul, bertatap muka, dan juga saling bersilaturrahim di majelis yang insyaAllah penuh barokah ini yang tidak lain adalah karena kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, serta hidayah-Nya, Amin Allahumma....amiin.
Sholawat dan salam selalu tercurahkan kepada Nabi kita yang agung, yakni baginda Rasulullah Muhammad SAW. Yang telah menuntun kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang dengan washilah agama yang khaqq yakni agama Islam.
Hadirin Hadirah Rahimakumullah
Yang menjadi tema saya kali ini yaitu  “PRAMUKA SEBAGAI MEDIA AMAR MAKRUF NAHI MUNKAR SEBAGAI GENERASI IDAMAN BANGSA”. Nilai agama dalam Islam sudah tertulis jelas di kitab suci Al-Qur’an dan Hadits Nabi Muhammad SAW.
Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surah Al-An’am ayat 155 :
وَهَذَا كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ مُبَارَكٌ فَاتَّبِعُوهُ وَاتَّقُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
Artinya :

“Dan Al Qur'an itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkahi, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat,”


Dari ayat ini sudah sangat jelas bahwa Al-Qur’an memiliki nilai agama yang berfungsi untuk mengatur jalannya roda kehidupan di dunia ini.
Lalu, apa hubungan antara nilai agama dengan semangat pramuka?
Sejenak, kita belajar dari sejarah perjuangan pramuka di indonesia. Karena tidak diragukan lagi tentang kecintaan mereka terhadap pramuka Indonesia. Banyak sekali tokoh-tokoh pramuka di Indonesia. Contohnya adalah Sri Sultan Hamengku Buwono IX.
 Mereka semua rela mengorbankan harta demi terbentuknya organisasi pramuka di indonesia yang di bentuk di timor timor saat masih menjadi provinsi di indonesia

Allah SWT berfirman dalam surah Al-A’raf ayat 56
"وَلاَتُفْسِدُوْافيْالْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلاَحِهَا وادْعُوْهُ خَوْفًا وَّ طَمَعًاقلي اِنَّ رَحْمَتَا للهِ قَريْبٌ مِّنَ الْمُحْسِنيْنَ"
Artinya : “Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdo’alah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan.”

Dari ayat ini dapat kita ketahui bahwa Allah SWT melarang kita untuk merusak dan mengacaukan bumi yang kita tempati sekarang ini, pendek kata Allah mengharuskan kita untuk mencintai negeri kita ini. Lihatlah bagaimana Allah memberi azab bagi sebuah negeri yang didalamnya porak poranda, baik akhlak umat dan alamnya.


Allah SWT berfirman dalam surah al a’raf ayat 4
وَكَمْ مِنْ قَرْيَةٍ أَهْلَكْنَاهَا فَجَاءَهَا بَأْسُنَا بَيَاتًا أَوْ هُمْ قَائِلُونَ
Artinya:
“Betapa banyaknya negeri yang telah Kami binasakan, maka datanglah siksaan Kami (menimpa penduduk) nya di waktu mereka berada di malam hari, atau di waktu mereka beristirahat di tengah hari”.

Dengan mengamalkan ajaran-ajaran Islam yang ada di dalam Al-Qur’an, pahlawan kita sadar, pahlawan kita tahu, bahwa Indonesia yang sangat kaya ini merupakan sebuah lantaran atas semua kenikmatan yang Allah berikan untuk umat manusia di Indonesia yang harus dijaga demi anak cucu kita kelak 
Allah SWT berfirman dalam surah Al-A’raf ayat 10
"وَلَقَدْ مَكَّنَّاكُمْ فىِ الْاَرْضِ وَجَعَلْنَا لَكُمْ فِيْهَا مَعَايِشَقلى قَلِيْلاً مَّا تَشْكُرُوْنَ"
Artinya : “Dan sungguh, Kami telah menempatkan kamu di bumi dan di sana Kami sediakan (sumber)  penghidupan untukmu. (Tetapi) sedikit sekali kamu bersyukur.”

Lihatlah Indonesia ini, SDA-nya sangat berlimpah, kita yakin bahwa semua kenikmatan itu berasal dari pemberian Allah. Maka dari itu, semangat pramuka adalah wujud syukur kita kepada Allah. Dengan kata lain apabila kita mengamalkan nilai agama Islam, kita sudah dapat mewujudkan semangat pramuka
Ada beberapa bukti konkret mengenai hubungan antara pengamalan nilai-nilai agama dengan semangat pramuka
Yang pertama yaitu sila pertama dalam dasa darma pramuka, yaitu Pancasila. Ia berbunyi “takwa kepada tuhan yang maha esa”. Kalimat ini meunjukkan bahwa hal paling utama yang harus kita pelajari dan dalami terlebih dahulu adalah nilai agama. Karena ajaran-ajaran tersebut berperan sebagai pondasi jalannya kehidupan manusia dalam berbangsa dan bernegara.
Dan bukti yang kedua terdapat dalam tri satya pramuka yang berbunyi “1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuaan Republik Indonesia.
Konteks diatas tadi menjelaskan bahwa mereka mengerti, mereka faham bahwa semua keberhasilan, dalam pramuka ini berasal dari Allah SWT. Ini sebagai bukti bahwa pahlawan kita yang cinta Indonesia ini mengamalkan nilai agama Islam
Oleh karena itu, dalam momentum FGCV KE VI, ayo, kita bersama-sama belajar mendalami dan berusaha mengamalkan nilai-nilai atau ajaran-ajaran agama yang sudah jelas ada di depan kita. Mulai dari sekarang!, kuatkan keagamaan dalam diri kita, jadikanlah sebagai tali penguat semangat nasionalisme dalam diri kita agar tidak mudah terlepas. Apabila tidak, apalah arti FUN BOYS GIRL COMPETITION KE VI ini kalau kita tidak segera merubah jalan dan pandangan hidup kita. Ini adalah salah satu jalan untuk meneruskan perjuangan pendiri pramuka  dibawah kibaran bendera Merah Putih.
Buatlah mereka tidak menyesal, buatlah mereka menangis bahagia, tunjukkan teman-temaku semua, bahwa kita adalah pemuda yang berketuhanan, pemuda yang kuat mental, semangat garuda mengalir di darah kita seirama dengan lafadz Allahuakbar, menggerakkan setiap otot untuk mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia, surga dunia yang diberikan Allah kepada kita
Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon ma’af, semoga bermanfaat untuk kita semua.
 ASSYUBBAN ???????? ANCIS
Wallahumuwafiq ila Aqwamittariq