Tuesday, November 15, 2016

Ini dia! Contoh menulis makalah yang baik dan benar "Timbulnya firqah dalam islam"

(tulisan makalah)
‘’TIMBULNYA FIRQAH DALAM ISLAM”
Makalah Ini Disusun Untuk Memenuhi Tugas Terstruktur Mata Pelajaran
 ”Ahlussunah Wal Jama’ah”

 



(logo)



Guru pengampu;
Ainun Rohmah, S.Pd.i

Disusun oleh:
Agung Wibowo
Joti sartika
Muslikhah
Saiful Anam

YAYASAN PONDOK PESANTREN NAHDLATUSSUBBAN
SMP ISLAM NAHDLATUSSUBBAN
ARJOWINANGUN PACITAN
TAHUN AJARAN 2016/2017




Kata pengantar
            pada kesempatan kali ini penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas bantuan dan sarannya,khususnya kepada kelompok kamiyang telah berkenan untuk membuat makalah ini sehngga makalah ini dapat terselesaikan dengan baik tanpa ada suatu kendala yang menyertainnya. Dengan menyadari bahwa’’tak ada gading yang tak retak”maka dengan segala kerendahan hati, kami dari  kelompok 1 mengarapkan adanya kritik dan saran yang bersikap membangun demi kesempurnaan dan mendapat ilmu untuk bekal masa depan.




      
Penulis            


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR..................................................................................................... 1
DAFTAR ISI........................................................................................................... ..........2

BAB I    FIRQAH DALAM ISLAM................................................................................ .3
1.1  rumusan masalah....................................................................................... ....4
1.2  pembahasan............................................................................................... ....4
KESIMPULAN...................................................................................................................7
PENUTUP...........................................................................................................................8
DAFTAR PUSTAKA..........................................................................................................9


BAB I
FIRQAH DALAM ISLAM
1.1  RUMUSAN MASALAH
·         Sejarah timbulnya firqah
·         Sebab timbulnya firqah dalam islam
·         Firqah yang berpengaruh
·         Sikap NU terhadap firqah

1.2  PEMBAHASAN

A.    Sejarah timbulnya firqah
         Agama islsam yang di bawa oleh Rasululloh SAW merupakan kesatuan yang utuh dari 3 unsur, yaitu iman, islam dan ikhsan.dalam agama islam tidak ada yang di pertentangkan, apabila terjadi hal yang kurang dapat di pahami, maka seluruh persoalan itu di kembalikan kepada Rasululloh SAW
      Setelah Rasulullohsaw wafat bibit perselisihan di antara umat islam mulai tampak yang pertama kali tampak mengenai tempat Rasululloh SAW di makamkan dan siapa yang berhak menggantikan beliau, yang kemudian menyebabkan timbulnya firqah dikalangan umat islam.
      ahabat anshor memandang bahwa jabatan kholifah harus dari klangan mereka. Mereka telah menolong dan melindungi dawah nabi sehingga islam bisa berkembang pesat. Kemudian di lain pihak berpendapat bahwa ke khalifahan harus berada di tangan Bani Hasyim.
      Perselisihan akhirnya dapat di atasi dengan terpilihnya sayyidina Abu bakar asidiq dan kemudian di teruskan oleh umar bin khottob akan tetapi pada masa khalifah utsman bin affan timbul berbagai perpecahan di kalangan umat islam secara lebih serius hingga muncul seorang yahudi kelahiran yaman yang bernama Abdullah bin sabba, yang mengaku telah masuk islam dan ia dengan gencar  mempropagandakan semangat anti khalifah Ustman bin affan. Sejak itu munculah aliran syiah dan selanjutnya di susul aliran lain sebagai reaksi  terhadap aliran syiah.
      Dari akar permasalahan ini kemudian timbul usaha membentengi ajaran dengan rumusan hujjah. Maka lahirlah fiqoh satau madzab baik di bidang fiqih maupun akhlak/tassawuf.
B.Sebab-sebab timbulnya firqoh dalam islam
      Adapun sebab-sebab timbulnya firqoh yaitu :
1.      Fanatisme kesukuan bangsa arab
Pada masa Rasululloh SAW fanatisme kesukuan bangsa arab dapat di redam. Hal ini merupakan keberhasilan beliau memerangifanatisme kesukuan. Hal ini berlanjut sampai pada pemerintahan  Ustman bin affan dan bangkit kembali dengan pertentangan bani Umayyah danbani Hasyim.
2.      Perebutan jabatan kholifah
Perbedaan pendapat tentang masalah siapa yang paling berhak menggantikan Rasululloh  SAW timbul sejak beliau wafat.
Akan tetapi pertentangan tersebut tumbuh dan semakin berkembang pada masalah jabatan kholifah.
3.      Masuknya agama lain ke agama islam
Sebagai akibat kekuasan wilayah islam, pemeluk agama terdahulu seperti yahudi, nasrani, dan majusi banyak yang memeluk islam. Dalam benak mereka masih tersisa tradisi dan pemikiran agama mereka sebelumnya, sehingga mempegaruhi pemikiran keislaman.
4.      Penerjemah buku filsafat
Pada akhir pemerintahan Bani Umayyah, umat islam mulai menerjemahkan buku filsafat. Usaha tersebut berpengaruh terhadap perbedaan pendapat dalam islam. Sejak itu lahir para filosuf dan ulama kalam yang menggunakan pemikiran filsafat di bidang akhidah islam.
5.      Adanya ayat-ayat mutasyabihad
Dalam al-qur’an tedapat ayat muhkamat dan mutasyaihabihat. Ayat muhkamat adalah ayat yang artinya sudah jelas, sedangkan mutasyabihat adaah ayat yang belum jelas artinya. Akibatnya mereka berbeda pendapat mengenai makna yang di maksud.
6.      Intishbath hukum syar’i
Sumber hukum islam adalah al qur’an dan hadist yang bersifat umum dan global, sementara persoalan yang di hadapi umat terus berkembang . kerena menetapkan persoalan tersebut membutuhkan hukum syari . para ulama; menggali hukum  mengunakan metode yang berbeda,oleh sebab itu timbullah instibhat yang berbeda
7.      Munculnya para pendongeng
 Para pendomgeng mulai dikenal pada masa pemerintahan utsman bin affan.karena banyak ceriata bohomg dan khurafat yang di smpaikan ,pada Masa Ali bin abi thalib para pendongeng mulai di berantas. Cerita dongeng menyebabkan masuknya cerita usr aliyah dan khayal ke dalam kitab tafsir dan sejarah islam

B.     FIRQAH- FIRQAH YANG BERPENGARUH
1.Khawarij
Pada thun 657 M terjadi perng siffin antara pasukan Ali melawan pasukan Mu’awiyah ketika perang memuncak pasukan muawiyah terdesak ,tiba-tiba beberapa orang mengangkat mushaf dengan ujung tombak sebagai tanda damai. Akan tetapi sekelompok orang pasukan beliau memuntut agar menerima tafkim sehingga beliau menerimannya
Tahfkim di laksanakan di daumatul jandal dan masing maing pihak mengangkat seorang hakim .tapi khalifah ali menolak tuntutan sehingga mereka mrnyatakan keluar dari golongan ali
Selanjutnya mereka berhimoun di harura ,dekat kota khufah dengan mengangkat   abdullah bn abdul wahab arrasbi sebagai imam sehingga  mereka di kenal dengan Al hurruyah mereka dikenal juga dengan sebutan  Al muahkiamah. Ajaran yang bertentangan dengan ASWAJA  yatu
·         Hanya mengakui sahnya kahalifah abu bakar, umar bin khatab dan enam tahun pertama masa khalifah utsman bin affan
·          Mengutuk sayyiatina aisyah ra umulmuminin karena melakukan pemberontakan pada perang jamal
·         Dengan mudah mengafirkan orang yang tidak sefaham
·         Orang yang tidak mengerjakan amal ibadah wajib dianggap kafir

 2. syiah
            Syiah artinya kelompok atau pengikutb ali bin abi tholib.inti ajaran syiah adalah masalah imamah yang harus berdasarkan syara’, dari ajaran tersebut melahirkan beberapa faham dalam aqidah dan ibadah, misalnya :
1.      Nabi berwasiat bahwa yang menggantikan sebagai imam adalah syaidina ali bin abi thalib.
2.      Imam pengganti nabi adalah kepala negara, seorang imam ma’sum dan tidak dapat di ganggu gugat.
3.      Sebagai golongan syiah beranggapan bahwa  syaidina ali dipercayai memiliki sifat ketuhanan.
4.      Menghalalkan nikah muthah’ah.
5.      Tidak menerima  ijma’ dan kiyas

3. mu’tazilah
            Aliran yang muncul di basrah pada abad ke-2 hijriyah. Mu’tazilah dikenal sebagai golongan yang menganut kebebasan berfikirdan mendewakan akal. Aliran mu’tzilah memiliki prinsip yaitu :
1.      At-tauhid, artinya allah maha esa tanpa memiliki  sifat lainnya.
2.      Al-adl, artinya tuhan maha adil.
3.      Al-watwalwaid, artinya tuhan pasti melaksanakan jaji dan ancamannya.
4.      Al-manzilah bainal manzilati, artinya posisi di antara iman dan kufur.
5.      Al-amru bil ma’ruf wal nahyu anil munkar, artinya menyuruh berbuat baik danmencegah kemunkaran.

4.wahabiyah
            Nama wahabiyah dinisbatkan dengan nama pendirinya yaitu Muhammad bin Abdul Wahab.  Aliran ini mengaku sebagai golongan Ahlussunah waljamaah dengan mengikuti hasil pikiran Imam Ahmad bin Hanbal menurut Ibnu taimiyah. Penganut paham wahabi  berpendapat bahwa semua bid’ah adalah sesat.
5.Aswaja
       Aswaja sebanarnya sudah ada sejak zaman Rosulullah SAW, sebagai gerakan pemurnian islam. Golongan Aswaja selalu berpedoman pada dalil naqli dan dalil aqli.
6.Qadariyah dan Jabariyah
         Qodariyah adalah paham yang berpendapat bahwa perbuatan manusia adalah kehendak kemauan nya sendiri. Sedangkan Jabariyah adalah paham yang berpendapat bahwa manusia tidak memiliki daya upaya dan iqtiar dalam perbuatannya. Manusia tinggal menerima apa adanya.
D.sikap NU terhadap firqah
            Memang NU tidak sepaham dengan aliran selain aswaja NU menyatakan bahwa aliran selain aswaja tidak menghukumi firqah telah keluar dari islam dan menjadi kafir. Karena kafir adalah urusa Allah semata.
            Bagi NU firqah yang ada dalam islam adalah suatu perbedaan. Dan NU menghargai adanya perbedaan.









KESIMPULAN
            Jadi  firqah adalah sebuah paham keagamaan yang di anut oleh orang islam,yang memiliki kepercayaan yang berbeda tentang masalah (pandangan) terhadap hukum islam yang kurang begitu jelas.
            Tapi perlu di ingat kita tidak boleh menyalahkan begitu saja orang yang tidak sepaham dengan kita ,karena semua adalah benar dan yang salah adalah orang yang menyalahkan hal-hal tersebut.


PENUTUP
            Demikian Dalam kesempatan ini, penulis mengucapakan terimakasih atas bantuan dan saran nya. Maka dengan segala kerendahan hati, penulis mengharapkan kritik dan saran demi kesempurnaan makalah ini.


DAFTAR PUSTAKA
Buku aswaja kelas IX
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan
Rekan rekan kelas IX
Bimbingan konseling studui dan karier hal 1