Saturday, February 3, 2018

Mau Edit Video? Nih 3 Starter Kit Yang Wajib Banget Dimiliki Buat Pemula Video Editing

Halo, Geng. Mendengar kata Video Editing pasti kalian langsung membayangkan sekumpulan Gadget canggih, dengan spesifikasi gahar. Yang bisa melahap berbagai Software dan Video beresolusi tinggi. Padahal, sebenarnya nggak gitu banget. Editing video juga bisa kok, dilakukan dengan perangkat yang nggak terlalu mahal dan canggih. Nah apa aja sih Basic Kit yang dibutuhkan? Dan apa aja Software yangdiperlukan? Nih, Aku ada beberapa informasi mengenai Video Editing. Namun kamu harus serius belajar agar bisa terjun ke dunia video editing, Penasaran? Baca sampai habis ya!

KOMPUTER GAHAR KELAS End

Emang sih mengedit dan me-render video butuh spesifikasi komputer yang lumayan wah. Namun, kamu nggak harus menggunakan produk flagship yang harganya selangit seperti Mac-Book Pro. yang harganya 25 Jutaan. Beberapa aplikasi editing bahkan biasanya menetapkan spesifikasi yang lumayan terjangkau. Kayak Video Card Dedicated, Prosesor Multi-Core, dan RAM sekitar 8GB. Dengan harga rata-rata kelas menengah tiap komponen tersebut berkisar 1 hingga 1,5 juta, sebuah Laptop dengan rentang harga maksimal Rp. 10 Juta udah bisa banget memenuhi kebutuhanmu.
Beberapa contoh Komputer dengan spesifikasi seperti  diatas antara lain:

1. ACER ESPIRE E5-553G


Siapa bilang laptop buat Editor Pemula yang kece harus diatas Rp10M, Kamu bisa kok menggunakan Laptop ini nih spesifikasinya:
OS : Windows 10
RAM : 8Gb
HDD : 1 TB
Processor: AMD FX 7TH GEN
Grafis : RADEON R455DX
Resolusi Layar : 1020x1080pixel
Harga : Rp7,5M
Bagaimana Kamu tertarik membeli laptop ini? [Sumber: Jalan Tikus]

2. LENOVO™ B40

Nah dengan harga kisaran Rp 5.6 juta, kamu akan mendapatkan laptop  yang super kece, Penasaran dengan spesifikasinya? Nih Admin kasih tau:
OS : Windows 8.
Prosesor : Intel i3 5005U
Grafis : Radeon R5 M330 2GB
Ukuran Layar : 14 inch
RAM : DDR3 4GB (Bisa di Upgrade lagi kalo kuarang, Supaya lebih cepet rendernya )
Harga : Rp5.6M
[Pilih mana, yang ini apa yang itu? hehehe ] [Sumber : google.com]

3. Asus X550ZE

Kalau kamu nggak mau ribet upgrade RAM, ada juga Laptop dengan spek gahar dengan harga Rp 6.5 juta. Laptop ini di bekali dengan Prosesor AMD FX-7500. Belum puas? Laptop ini juga dibekali dengan VGA AMD Radeon R7 M260DX 2GB dengan total storage sebesar HDD 1TB. Stock RAM terpasangnya udah dibekali kapasitas sebesar 8 GB. Spek kayak gini udah lebih dari cukup buat memenuhi kebutuhan Belajar Editing Video Kamu. Hehehe

APLIKASI YANG GRATIS DAN SIMPEL DIGUNAKAN

Kalian nggak perlu kok, menggunakan Aplikasi Video Editing Profesional kayak Adobe Premiere Pro Cc atau Cinema4D, ada banyak Aplikasi Editing yang bisa kamu coba untuk pemula. Diantaranya 
Windows Movie Maker 6.0

Virtual Dub
Wondershare 

Filmora
dan masih banyak lagi. Hal yang paling penting dan perlu kamu perhatikan adalah apakah Aplikasi ini support untuk mengimport berbagai jenis file videomu. [Nih aku contohin nama file formatnya, ada .mp4,  .mkv, .mov,. 3gp, .mp3, .aac, .wma, dll] Sebab, ada beberapa jenis format file yang nggak semua aplikasi edit Video bisa mengeditnya.

AUDIO OUTPUT DAN INPUT NGGAK BOLEH SEMBARANGAN

Untuk memastikan suara yang dihasilkan di videomu bagus dan nggak sember [cacat.red] saat diputar di sound system besar, kamu perlu perangkat sound output yang bagus. Salah satunya dengan menggunakan headset berkualitas tinggi. Beberapa merk menyediakan headset berkualitas dengan harga dibawah Rp500K. Misalnya: 
JBL
Sony

Nakamichi.
Untuk Headset besutan JBL dan Nakamichi akan lebih cocok digunakan untuk suara dengan output yang biasa atau normal. Hal ini akan sangat bagus buat memperhatikan suara yang lirih sehingga suara yang lirih bisa didengar lebih detil dan jelas. Nah, khusus untuk Sony, akan lebih bagus untuk audio dengan bass yang extreme.
Nah, itulah 3 hal yang mesti kalian perhatikan jika mau belajar eding video. Nah, jika kalian ingin mengetahui lebih tentang Video Editing bisa klik disini Geng. Semoga artikel ini menambah pengetahuan kamu tentang dunia Video Editing.

Nah, jangan lupa tinggalkan komentarnya jika ada yang di tanyakan. Dan, jika artikel ini membantu jangan lupa share artikel ini di akun Sosial Media yang kalian punya. Terimakasih.