Saturday, September 24, 2016

SEJARAH KA'BAH DI MAKKAH

"Sesungguhnya rumah yang mula mula di bangun untuk tempat beribadah manusia ialah Baitullah di MAKKAH yang di berkahi"

  Ka'bah adalah bangunan suci umat  islam yang terletak di masjidil haram. Ia adalah bangunan yang di jadikan patokan kiblat solat umat muslim si dunia. Selain itu ,bangunan ini wajib di kunjungi atau di ziarahi pada saat haji atau umrah

   Ka'bah berbentuk bangunan kubus yang berukuran 12x10x15 meter KA'BAH di sebut juga baitullah atiq yang di bangun dan di pugar pada masa nabi Ibrahim as atas perintah allah dan di renovasi pada masa nabi Muhammad Saw

   "ya Tuhan kami,  sesungguhnya aku telah menempatkan keturunku di lembah yang tidak mempunyai tanaman di dekat rumah Engkau (BAITULLAH) yang di hormati, ya tuhan kami (yang demikian itu)  agar mereka mendirikan salat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan berilah riko mereka dari buah buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur. " (Ibrahim, 37)

    Ka'bah  telah ada sejak Zaman nabi ibrahim menempatkan istrinya di mekkah jadi  KA'BAH telah ada sebelum nabi ibrahim mengumumkan kakinya di makkah.

BAGIAN BAGIAN DARI KA'BAH

   

1.Hajar aswad merupakan batu yang dalam agama islam di  percaya sebagai batu yang berasal dari surga yang memancarkan cahaya terang ke seluruh jazirah  Arab namun semakin lama sinarnya semakin meredup hingga akhirnya berwarna hitam. Batu ini memiliki keunikan yaitu mempunyai wangi alami yang di milikinya  semenjak awal keberadaanya

    Dan saat ini batu ini di letakkan di sisi luar Ka'bah  sehingga  mudah untuk seseorang menciumnya. Mencium hajar aswad hukumnya sunah  karena nabi menciumnya ketika Beliau berthawaf. Dan sunah ini di ikuti para sahabatnya.

2. Makam ibrahim bukan kuburan Nabi ibrahim tapi merupakan bekas pijakan nabi ibrahim di atas sebuah batu yang saat ini sudah di Tutupi kaca.

3.Multadzam Terletak antara Hajar aswad dan pintu Ka'bah berjarak kurang lebih 2 meter Dinamakan multadzam karena di lazimkanvbagi setiap muslim untuk berdoa di tempat tersebut. Setiap doa yang di panjatkan di tempat tersebut sangat di ijabahi-Nya.
Rasullulah SAW bersabda:"antara rukun hajar aswad dab pintu Ka'bah, yang di sebut multadzam tidak ada hamba Allah yang yang berdoa di tempat ini tanpa terkabul permintaannya”.

3.Rukun yamani adalah sisi atau sudut Ka'bah yang menghadap ke arah Yaman. Atau sudut arah Yaman. Rukun yang sejajar dengan Hajar aswad  ini sangat penting artinya bagi keistimewaan Ka'bah,  Di sudut ini setiap jama'ah yang thawaf di dimakan untuk mengalaminya atau mengusap dengan tangan kanan atau cukup melambaikan tangan ke sudut ini dengan mengucap "Bismillahi wallahu akbar ". Menurut Ibnu abbas ra. Bahwa nabi Saw hanya menyalami hajar aswad dan rukun yamani saja, sedangkan Ibnu Ummar mendengar Nabi  bersabda " seaungguhnya mengusap kedua yakni hajar aswad dan rukun yamani dapat menghapus dosa dosa."

Rasullulah Saw. Ketika berada diantara rukun hajar aswad dan rukun yamani, beliau membaca doa:
ربانا اتنا فى الدنياحسنة وفي الاخرةحسنة وقنا عداب النار

Demikian sedikit artikel tentang kabah semiga dapat menambah referensi bagi kita semua dan pambaca khususnya.

Jangan lupa tinggalkan komentar.

R